iklan

Bisnis kecil kecilan ala mahasiswa

hai kawan semua. . aq mau sedikit cerita nih untuk memulai bisnis khususnya untuk mahasiswa.
oke langsung saja disimak. Sebagian besar masalah yang dihadapi mahasiswa adalah masalah financial. Untuk mengatasi hal ini alternatif yang sering dilakukan mahasiswa adalah bekerja part time. Bekerja part time memang menghasilkan, tetapi tidak efektif dan efisien karena dapat mengganggu waktu belajar dan menurunkan kondisi fisik.
 
Lalu bagaimana caranya mendapatkan penghasilan selagi berstatus mahasiswa??? tentunya banyak sekali peluang usaha untuk mahasiswa tetapi tidak banyak yang jeli memanfaatkannya.
Mahasiswa sebenarnya mempunyai peran penting dalam memajukan pembangunan diberbagai sektor. Sebagai mahasiswa dengan jiwa dan kreatifitas yang tinggi bukan mustahil dapat menciptakan peluang usaha sendiri.
Faktor utama untuk memulai suatu bisnis bukan terletak pada modal. Kamu bisa memulainya dari hal yang kecil dan tidak perlu modal besar, yang dibutuhkan hanyalah ketekunan dan keuletan. Apabila dikerjakan dengan sungguh-sungguh akan dapat memperoleh keuntungan.
Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk membuka suatu usaha di kalangan kampus: pertama, pilihlah bidang yang kamu kuasai dan kamu sukai. Kedua, pilihlah jenis usaha yang dibutuhkan di lingkungan kampus karena tempat pemasaran produk kita adalah lingkungan kampus.
Jenis usaha yang cocok di lingkungan kampus yaitu: 
  •  Berjualan pulsa elektrik. Cukup dengan modal Rp 50.000,- dan sebuah hp.
  •  Berjualan aksesoris buatan tangan. Bisa dihasilkan dari proses daur ulang yang bernilai ekonomis, seperti bros, gantungan tas atau gantungan hp, dan jepitan rambut.
  • Menjual kaos eceran yang dibeli secara grosir dengan harga yang lebih murah. Hal ini tergantung    kepandaianmu bernegosiasi.
  • Untuk kamu yang pintar memasak bisa menerima pesanan cake dari dosen atau teman dengan memanfaatkan moment Hari Raya, Bulan Puasa, atau Hari Valentine.
  • Membuka usaha tempat pencucian helm. Bisa bekerja sama dengan temanmu.
  • Menerima jasa pengetikan naskah. input data dll.
  •  Membuat kerajinan tangan seperti yang saya lakukan. kebetulan saya di jurusan elektro.        jadi saya membuat sebuah kreatifitas dari lampu led dan bahan bahan bekas

Hal yang terpenting dalam membuka sebuah usaha adalah menggali ide, gagasan, menemukan peluang, dan memanfaatkan apa yang kita punya sekarang dengan sebaik-baiknya...
oke itulah sedikit cerita uneg uneg dari saya . . selamat berwirausaha kawan. :)

0 Response to "Bisnis kecil kecilan ala mahasiswa"