iklan

memulai bisnis dengan modal kecil

hai kawan. . sudah lama saya tidak menulis artikel. kali ini saya akan sedikit memberikan sedikit pengalaman tentang memulai suatu bisnis dengan sedikit modal. usaha bisnis ini hanya butuh sedikit kerja keras dan semangat tentunya. baiklah saya rasa tidak perlu panjang lebar untuk membicarakan apa itu bisnis. .intinya bisnis itu menurut saya adalah menjalani sesuatu yang kita senangi yang dapat memberikan kebahagian baik secara finansial maupun perasaan senang ketika menjalaninya. kembali ke topik pembicaraan mengenai bisnis yang saya katakan tadi yaitu bisnis kerajinan tangan bernilai seni yang tinggi. pasti anda berfikir bisnis tersebut hanyalah bisnis biasa. jangan salah, bisnis besar tentunya berawal dari bisnis kecil-kecilan. tergantung bagaimana kita menjalaninya. 
tips dari saya untuk memulai suatu bisnis kerajinan tangan ini yaitu :
1. Amatilah lingkungan sekitar anda
       Disini saudara di maksudkan untuk mengamati hal hal yang berada dilingkungan sekitar untuk     mendapatkan bahan baku pembuatan kerajinan tangan yang tidak memerlukan biaya untuk membelinya, contoh misalnya sisa sisa meuble kayu, sisa pecahan kaca, botol botol bekas, tumpukan koran bekas, dan banyak lagi yang lainnya
2. Mulailah berfikir apa yang bisa dilakukan dari bahan yang anda temukan tadi.
        Nah. disinilah tantangan anda, skill dan kreatifitas anda sangat di perlukan. buatlah sesuatu yang sekiranya membuat barang kerajinan tersebut kelihatan unik itu akan memberikan nilai plus. pikirkanlah apa yang menjadi kesenangan orang-orang terutama anak-anak dan remaja. 
3. Tenangkan pikiran dan menata emosi
       wahh. point inilah yang terpenting dalam memulai suatu ide bisnis. saran saya, kerjakanlah satu ide saja. kadang kadang ketika kita telah menemukan suatu ide bisnis ide yg lain muncul. itu memang kenyataan yang terjadi pada setiap orang yang akan memulai untuk membuka bisnis. dengan hanya memilih satu ide anda akan lebih fokus pada apa yang akan anda lakukan terhadap ide tersebut. ketekunan dan kerja keras sangat di perlukan.
4. langkah terakhir. pengenalan produk dan pemasaran
        dalam era globalisasi seperti sekarang ini. tidak perlu membingungkan bagaimana untuk memasarkan produk kita pada masyarakat. pertama hilangkanlah pikiran negatif kalo produk kita tidak layak. itu adalah racun dalam berbisni, oleh karena itu hilangkanlah firasat tersebut. kadang keindahan seni dari produk yang kita buat tidak terlihat oleh kita tapi sangat nampak bagi orang lain. 

ada beberapa tips untuk memasarkan produk yang kita punya , diantaranya:
- lewat jejaring sosial
- lewat toko toko souvenir
- lewat teman teman dekat
- lewat blog
- tempat tempat pariwisata
- menawarkan ke tempat tempat seperti cafe, restourant, sekolah, gedung perkantoran dll.

itulah beberapa cara memulai bisnis dengan modal kecil dan kreatifitas. setelah membaca artikel ini. semoga anda mendapatkan sedikit pencerahan untuk menemukan ide bisnis yang cocok untuk dijalani. semangat dan salam sukses.
nb : untuk pertanyaan bisa lewat komentar. insyaallah saya akan berikan solusi yang mungkin anda inginkan, jangan lupa like yah. :)


0 Response to "memulai bisnis dengan modal kecil"