iklan

Pengertian Budaya

           Negara kita Indonesia adalah Negara dengan beragam budaya.Oleh karena itu tak heran jika Negara kita juga begitu banyak perbedaan,tapi jangan lupa jika kita tetap satu kesatuan yaitu bangsa Indonesia. Budaya menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah pikiran atau akal budi, adat istiadat, sesuatu mengenai kebudayaan yang sudah berkembang, sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan yang sudah sukar untuk diubah. Selain itu ada juga pengertian menurut beberapa ahli yaitu:
1.KROEBER dan KLUCKHOHN 

  • Budaya menurut definisi deskriptif : cenderung melihat budaya sebagai totalitas komprehensif yang menyusun keseluruhan hidup sosial sekaligus menunjukkan sejumlah ranah (bidang kajian) yang membentuk budaya.
  • Budaya menurut difinisi historis : cenderung melihat budaya sebagai warisan yang dialihturunkan dari generasi satu ke generasi.
  • Budaya menurut definisi normatif : bisa mengambil 2 bentuk. Yang pertama, budaya adalah aturan atau jalan hidup yang membentuk pola-pola perilaku dan tindakan yang konkret. Yang kedua, menekankan peran gugus nilai tanpa mengacu pada perilaku.
  • Budaya menurut definisi psikologis: cenderung memberi tekanan pada peran budaya sebagai piranti pemecahan masalah yang membuat orang bisa berkomunikasi, belajar, atau memenuhi kebutuhan material maupun emosionalnya
  • Budaya dilihat dari definisi genetis: definisi budaya yang melihat asal usul bagaimana budaya itu bisa eksis atau tetap bertahan. Definisi ini cenderung melihat budaya lahir dari interaksi antar manusia dan tetap bisa bertahan karena ditransmisikan dari satu generasi ke generasi berikutnya. 
2. LEHMAN, HIMSTREET, dan BATTY Budaya diartikan sebagai sekumpulan pengalaman hidup yang ada dalam masyarakat mereka sendiri. Pengalaman hidup masyarakat tentu saja sangatlah banyak dan variatif, termasuk di dalamnya bagaimana perilaku dan keyakinan atau kepercayaan masyarakat itu sendiri.

3. MOFSTEDE Budaya diartikan sebagai pemrograman kolektif atas pikiran yang membedakan anggota-anggota suatu kategori orang dari kategori lainnya. Dalam hal ini, bisa dikatan juga bahwa budaya adalah pemrograman kolektif yang menggambarkan suatu proses yang mengikat setiap orang segera setelah kita lahir di dunia.

4. BOVEE dan THILL Budaya adalah system sharing atas simbol - simbol, kepercayaan, sikap, nilai-nilai, harapan, dan norma-norma untuk berperilaku.

5. MURPHY dan HILDEBRANDT Budaya diartikan sebagai tipikal karakteristik perilaku dalam suatu kelompok. Pengertian ini juga mengindikasikan bahwa komunikasi verbal dan non verbal dalam suatu kelompok juga merupakan tipikal dari kelompok tersebut dan cenderung unik atau berbeda dengan yang lainnya.

6. MITCHEL Budaya merupakan seperangkat nilai-nilai inti, kepercayaan, standar , pengetahuan, moral hukum, dan perilaku yang disampaikan oleh individu - individu dan masyarakat, yang menentukan bagaimana seseorang bertindak, berperasaan, dan memandang dirinya serta orang lain.

Budaya sendiri mempunyai beberapa tingkatan yang secara praktis bisa dijelaskan seperti berikut ini :
  • Tingkat formal
    Dalam tingkat formal, budaya merupakan sebuah tradisi atau kebiasaan yang dilakukan oleh suatu masyarakat secara turun menurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.
  • Tingkat informal: pada tingkatan informal ini, budaya banyak diteruskan oleh suatu masyarakat dari generasi ke generasi berikutnya melalui apa yang didengar, dilihat, dipakai, dan dilakukan tanpa diketahui alasannya mengapa hal itu dilakukan.
  • Tingkat teknis: Pada tingkat teknis ini, bukti-bukti dan aturan-aturan merupakan hal yang paling penting. Sehingga terdapat penjelasan logis mengapa sesuatu harus dilakukan dan yang lain tidak boleh dilakukan. 
Dari beberapa definisi budaya menurut para ahli diatas, bisa diambil kesimpulan tentang beberapa hal penting yang dicakup dalam arti budaya yaitu: sekumpulan pengalaman hidup, pemrograman kolektif, sistem sharing, dan tipikal karakteristik perilaku setiap individu yang ada dalam suatu masyarakat, termasuk di dalamnya tentang bagaimana sistem nilai, norma, simbol-simbol dan kepercayaan atau keyakinan mereka masing-masing. Kita sebagai anak bangsa harus benar-benar bekerja keras untuk menjadikan sosial dan budaya bangsa ini bisa lebih dikenal lagi, apalagi kita adalah harapan bangsa dari kalangan berpendidikan tinggi. Jangan sampai kita hanya bisa diam untuk kemajuan bangsa yang lebih baik kedepannya, apalagi jika kita hanya bisa membawa hal-hal yang dapat menjadikan Negara ini malu akan sosial dan budayanya. Sebenarnya sangatlah miris bila kita mendengar kalau bangsa lain sampai bertindak membantu warga Negara kita yang terkena musibah padahal sudah beribu-ribu penduduk Indonesia. Ini adalah salah satu contoh yang menjukkan kalau rasa sosial dan kepedulian bangsa ini terhadap sesama sudah mulai terkikis atau bahkan sudah mulai hilang begitu saja dimakan jaman. Kita harus menciptakan terobosan baru yang bisa membangkitkan rasa kepedulian lagi. Sebenarnya sudah ada beberapa pihak yang berusaha untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya kita. Kegiatan-kegiatan yang bersifat melestarikan budaya harus didukang dari masyarakat agar budaya kita dapat terjaga dengan baik.

0 Response to "Pengertian Budaya"